NgeShare - Cara Mengunci Folder Anda di Windows Tanpa Software Tambahan

by - 8/20/2012

Dalam sebuah komputer baik itu komputer pribadi, milik sebuah instansi atau bahkan komputer yang digunakan oleh orang banyak di warnet pasti dipenuhi dengan file-file penting. Ada kalanya file penting tersebut menjadi sebuah privasi bagi orang yang memiliki file tersebut.

Oleh karena itu banyak orang yang ingin membuat sebuah folder yang memilki pengaman dalam menampung file-file privasi tersebut. Untuk itu saya punya trik dalam mengunci folder tersebut agar folder tersebut tidak dapat dibuka oleh orang lain selain si empunya folder, dan trik berikut ini tanpa menggunkana software tambahan.

Anda hanya butuh mengikuti langkah berikut:

1. Buka Notepad dan salin kode di bawah ini. Untuk versi .doc, Anda bisa klik di sini.


2. Selanjutnya, Anda bisa mengganti password pada kalimat ‘type your password here’ dengan password yang Anda inginkan.
3. Simpan file ini dengan nama file dengan ekstensi .bat
4. Setelah itu, klik file .bat tersebut, maka akan muncul sebuah file dengan nama Locker pada folder tempat file .bat berada.
5. Untuk menyembunyikan file, Anda tinggal memasukkan file pribadi Anda ke file Locker tersebut. Setelah itu, kalau Anda ingin mengunci dan menyembunyikannya, Anda tinggal klik sekali lagi file .bat, maka akan muncul gambar berikut, dan ketik y.
6. Kalau Anda ingin menampilkan folder Locker, Anda tinggal klik lagi file .bat, maka akan muncul permintaan untuk memasukkan password.

Selamat mencoba!

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

0 comments