Friday, 3 August 2012

NgeShare - Menjajal FireFox OS di Ubuntu

"Firefox", pasti jika Anda mendengar kata tersebut Anda akan berpikir tentang sebuah software peramban web yang bernama lengkap "Mozilla Firefox". Kini Firefox tidak hanya digunakan sebagai sebuah nama software peramban web namun juga digunakan sebagai nama OS smartphone, kok bisa gitu sih?


Ya bisa-bisa ajalah karena sekarang Mozilla telah membuat dan mengembangkan sebuah OS smartphone yang bernama "Firefox OS". Firefoex OS atau yang masih diberi nama kode "Boot to Gecko" ini merupakan OS untuk smartphone yang membawa visi menghadirkan Open Web sebagai platform untuk mobile device. Firefox OS akan memberi kemudahan untukdeveloper dalam membuat aplikasi, kustomisasi untuk penyedia layanan seluler, dan lain-lain. Yaah, mungkin bisa jadi alternatif OS smartphone bagi yang bosan ngoprek Android. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Firefox OS, silakan klik di sini.
FireFox OS di Ubuntu

Menu Utama FireFox OS

Mencoba Firefox OS di Ubuntu
Meskipun smartphone berbasis Firefox OS belum beredar, kita dapat mencobanya lebih awal. Ya, dari Ubuntu kita!

Mengunduh Firefox OS
Silakan unduh dahulu Firefox OS versi terbaru (latest build) di sini. Kalian akan menemukan banyak tautan di sana, pilih saja "b2g-17.0a1.en-US.linux-i686.tar.bz2" atau versi yang lebih baru.

Setelah proses unduh selesai, ekstrak file sehingga menghasilkan folder yang bernama "b2g". Nah, sekarang silakan buka Terminal dan masuk ke folder "b2g" tersebut, lalu ketik perintah berikut untuk mengunduh dan menginstal Gaia (emulator untuk Firefox OS):
view plainprint?git clone git://github.com/mozilla-b2g/gaia
make -C gaia profile

Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus mengunduh file sebanyak ratusan megabyte. Nah, setelah semuanya selesai, ketik perintah berikut untuk menjalankan Firefox OS:
view plainprint?./b2g -profile gaia/profile

Firefox OS masih dalam tahap pengembangan, jadi jangan berharap banyak dulu terhadap Firefox OS sekarang.

Post a Comment

 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog