Wednesday, 22 August 2012

NgeShare - Pasang KDE 4.9 di Ubuntu 12.04

Kali ini saya akan memberikan sebuah tutoril singkat dengan judul "Pasang KDE 4.9 di Ubuntu 12.04". Sebelum kita melihat tutorialnya, mari kita segarkan kembali pikiran kita tentang apa itu KDE. KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.
Tampilan KDE 4.9 di Ubuntu 12.04
Jika pikiran Anda telah terefresh dengan KDE dan Anda tertarik untuk mencobanya, mari kita simak bersama tutorial berikut ini. 

Instal KDE 4.9 di Ubuntu:

Kubuntu Backports PPA telah diperbarui untuk KDE 4,9 (K) Ubuntu 12,04 Precise. Jadi kita bisa menginstal atau meng-upgrade dari ppa. Jika anda berjalan pada Ubuntu 11,10 Oneiric, tunggu update ppa ini!

Tekan Ctrl + Alt + T untuk membuka terminal, tambahkan ppa dengan memasukan perintah berikut dan jalankan:
sudo add-apt-repository ppa:kubuntu-ppa/backports
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
Atau jalankan command berikut, untuk menginstal Kubuntu desktop:
sudo apt-get install kubuntu-desktop
Logout dan Login kembali, pilih Kubuntu Plasma Workspaces untuk login using KDE 4.9 pada pilihan login session

Uninstall KDE 4,9 (opsional):

Jika anda ingin menguninstall KDE 4.9, atau downgrade ke versi diinstal sebelumnya. Tekan Ctrl + Alt + T untuk membuka jendela terminal, kemudian jalankan perintah berikut:
sudo apt-get install -y ppa-purge sudo ppa-purge ppa:kubuntu-ppa/backportssudo apt-get -f -y autoremove
,

Post a Comment

 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog