NgeShare - Pasang MongoDB di Ubuntu 12.04

by - 8/21/2012


Tutorial kami kali ini adalah tutorial  dengan topik "Memasang MongoBD". Ngomong-ngomong, apa itu MongoDB? MongoDB (dari "humongous") adalah sebuah open source berorientasi dokumen NoSQL Database system. MongoDB merupakan bagian dari keluarga NoSQL sistem database.

Daripada menyimpan data dalam tabel seperti yang dilakukan dalam database "klasik" ​​relasional, MongoDB menyimpan data terstruktur seperti JSON-seperti dokumen dengan skema dinamis (MongoDB menyebut BSON format), membuat integrasi data dalam beberapa jenis aplikasi lebih mudah dan lebih cepat. MongoDB adalah database dokumen yang digunakan umumnya dalam aplikasi web modern.

Instal MongoDB di ubuntu 12.04 (Precise) Server

Anda dapat memasang/ menginstal MongoBD dengan menjalankan perintah berikut ini di teminal Anda:
sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv 7F0CEB10

echo "deb http://downloads-distro.mongodb.org/repo/ubuntu-upstart dist 10gen" | tee -a /etc/apt/sources.list.d/10gen.list

sudo apt-get -y update

Jalankan perintah berikut untuk menginstal versi stabil terbaru dari MongoDB.
sudo apt-get -y install mongodb-10gen

Konfigurasi MongoDB

Paket-paket mengkonfigurasi MongoDB menggunakan file / etc / mongodb.conf dalam hubungannya dengan script kontrol. Untuk sistem berbasis Upstart, menemukan script kontrol di / etc / init / mongodb.conf.

Ini contoh MongoDB akan menyimpan file data dalam / var / lib / mongodb dan yang log file dalam / var / log / mongodb, dan menjalankan menggunakan account pengguna mongodb.

Mengontrol MongoDB

Mulai MongoDB
Pengguna pemula dapat memulai proses mongod dengan mengeluarkan perintah berikut:
sudo service mongodb start
Menghentikan MongoDB
Pengguna pemula dapat menghentikan proses mongod dengan mengeluarkan perintah berikut:
sudo service mongodb stop
Restart MongoDB
Pengguna pemula dapat memulai proses mongod dengan mengeluarkan perintah berikut:
sudo service mongodb restart
Mengontrol Mongos
Pada rilis saat ini, tidak ada skrip kontrol untuk Mongos. Mongos hanya digunakan dalam sharding penyebaran dan biasanya tidak berjalan pada sistem yang sama di mana mongod berjalan. Anda dapat menggunakan script mongodb direferensikan di atas untuk mendapatkan script sendiri Mongos kontrol.

Menggunakan MongoDB
Di antara alat-alat disertakan dengan paket MongoDB, adalah shell mongo. Anda dapat terhubung ke instance MongoDB Anda dengan mengeluarkan perintah berikut pada sistem prompt:
mongo
Ini akan terhubung ke database berjalan pada interface localhost secara default. Pada prompt mongo, mengeluarkan dua perintah berikut untuk memasukkan catatan dalam koleksi "test" dari database (default) "test".
> db.test.save( { a: 1 } )

> db.test.find()

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih ^_^

You May Also Like

0 comments