Sunday, 23 September 2012

NgeShare - "PIWIK" Open Source Web Analytics

Piwik adalah PHP MySQL perangkat lunak yang dapat Anda download dan instal pada webserver Anda sendiri. Dengan cara ini Anda diberi kendali penuh atas data Anda, tidak seperti remote-host layanan. Instalasi sederhana dan cepat yang dapat dilakukan.

Untuk menginstal Piwik Anda cukup men-download rilis terbaru, unzip dan upload isi ke lokasi yang diinginkan di server web Anda menggunakan klien FTP Anda. Setelah proses upload selesai Anda dapat membuka browser web Anda dan arahkan ke lokasi yang Anda upload Piwik. Ini akan menampilkan layar selamat datang dan instalasi sekarang dapat dimulai.

Piwik akan memeriksa bahwa persyaratan minimum terpenuhi dan jika menemukan masalah itu akan menyarankan solusi yang mungkin.

Setelah itu Anda setup database MySQL, buat account super user dan hubungkan situs pertama yang ingin Anda lacak (Anda dapat melacak website yang berbeda). Anda kemudian diberi Tag Pelacakan JavaScript yang harus disertakan dalam setiap halaman yang Anda inginkan Piwik untuk menganalisis.


Anda akan menemukan panduan instalasi komprehensif dan lebih rinci di dalam file yang didownload.

Analytics Data
Jadi apa yang bisa Piwik tunjukkan kepada kita? Sebenarnya yang dapat ditunjukkan hampir semua yang Anda butuhkan!

Piwik data dibagi dalam 5 kategori utama. Dashboard, Pengunjung, Tindakan, Acuan dan Tujuan. Screenshot berikut tidak dari data riil tetapi dari on-line demo Piwik itu.

Dashboard
Pada Dashboard Anda bisa mendapatkan ide utama dari apa yang terjadi pada umumnya dalam situs web Anda. Anda mendapatkan info umum mengenai pengunjung, berapa banyak jumlah pengunjung, kata kunci yang membawa mereka ke situs Anda, Panjang kunjungan, mesin pencari yang digunakan, pengarah website dan seorang pengunjung counter real-time yang akan diperbarui setiap 10 detik!



Visitors
Ini mungkin merupakan tab yang paling penting. Di sini Anda dapat melihat grafik jumlah pengunjung, penyedia mereka, lokasi, apa browser dan sistem operasi apa yang pengunjung Anda gunakan, apa resolusi monitor mereka dan apa yang mereka telah menginstal plugin pada browser mereka. Anda juga dapat melihat kunjungan per waktu setempat atau server dan juga memeriksa keterlibatan mereka sesuai dengan durasi kunjungan dan kedalaman (halaman yang dikunjungi).

Actions
Pada tab actions Anda dapat melihat apa halaman yang paling populer dan melihat tampilan halaman, pengunjung unik, durasi rata-rata kunjungan, tingkat bouncing dan tingkat keluar. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa pengunjung yang pergi setelah meninggalkan situs Anda, apa link yang mereka klik dan bahkan berapa banyak download konten dari website Anda.


Referrers
Di referer Anda dapat memeriksa seberapa baik Anda melakukan lalu lintas pencarian dan dengan pengunjung dari situs-situs lain terhubung dengan Anda.
Goals
Tab goals digunakan untuk melacak seberapa jauh atau dekat Anda dengan pre-set tujuan. Anda dapat melihat hal-hal seperti log-in, jumlah pembaca posting, pendaftaran baru dan tentu saja pendapatan!


Configuration Options
Anda dapat mengkonfigurasi Piwik dalam banyak cara untuk membuatnya melayani Anda dengan cara terbaik. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan plugin custom, sepenuhnya menyesuaikan Dashboard Anda dan widget drag and drop Anda ingin menampilkan, mengkonfigurasi Piwik mengirimkan laporan email, masukkan variabel kcustom, menambahkan dan mengelola beberapa account, mengkonfigurasi Piwik untuk memantau terbatas jumlah situs, mengecualikan IP dan banyak lagi ...

Cobalah Piwik
Piwik adalah perangkat lunak bebas 100% yang layak dapat mengganti solusi komersial. Ini sangat kuat, komprehensif, informatif dan mudah digunakan. Tidak peduli betapa senangnya Anda dengan apa yang sedang Anda gunakan, Anda harus mencoba Piwik. Setelah semua, bahkan jika Anda tidak peduli tentang hal-hal open source atau tertutup ideologi, akan berguna untuk memiliki 2 alat monitor yang berbeda dan melihat apakah mereka setuju.

,
 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog