NgeShare - Cara Backup/ Restore Paket Dan Aplikasi Ubuntu/ Linux Mint

by - 11/06/2012


Dalam tip ini, kita akan belajar bagaimana membuat cadangan dari semua paket dan aplikasi yang telah diinstal dari repositori atau Ubuntu Software Center di Ubuntu, Linux Mint, atau sistem berbasis Debian.

Ini akan membantu Anda agar dengan mudah Anda mengembalikan aplikasi setelah menginstal salinan baru dari sistem operasi Anda tanpa perlu menginstal setiap paket secara terpisah. Dengan hanya beberapa perintah, Anda akan dapat menyimpan daftar semua aplikasi yang diinstal dan paket dalam sebuah file teks, maka Anda dapat menggunakan file ini untuk menginstal semua paket Anda secara otomatis.

1. Buka terminal dan buat salinan cadangan dari aplikasi Anda dengan perintah ini:
sudo dpkg --get-selections > backup.txt
Sekarang memindahkan file backup.txt ke lokasi lain (USB drive, CD, hard drive eksternal, dll)

2. Setelah instalasi baru Ubuntu / Linux Mint, cd ke folder yang berisi file teks Anda (backup.txt), kemudian mengembalikan paket Anda dengan perintah:
sudo apt-get install aptitude

sudo dpkg --clear-selections

sudo dpkg --set-selections < backup.txt

sudo aptitude install
Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan.

Note: Anda juga dapat menggunakan Ubuntu Software Center untuk sinkronisasi dan menginstal ulang aplikasi Anda pada komputer Ubuntu yang berbeda. Buka Ubuntu Software Center dan kepala ke File Sync> Antara Komputer.

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

0 comments