Wednesday, 5 December 2012

NgeShare - Ayo Dukung Gerakan Hemat Energi

Hmm...semakin hari dunia ini terasa begitu panas dan sesak, apalagi suasana di tepi jalan yang dengan mengudaranya asap-asap kendaraan bermotor. Timbulnya pabrik-pabrik besar yang membangun cerobong asap untuk mengeluarkan asap proses pembakaran barang produksinya. Itu semua hanya akan mengotori bumi tercinta kita ini. Selain mengotori, hal-hal di atas juga akan memperparah ketersediaan energi minyak bumi.

Kendaraan bermotor adalah salah satu faktor penyebab polusi
Energi minyak bumi di dunia ini semakin hari semakin kian berkurang, tak heran kini minyak bumi menjadi komoditas yang terpeting di setiap negara di dunia, seperti di Indonesia. Di Indonesia sendiri minyak bumi sangat penting bagi masyarakatnya, apalagi hal ini dipeparah dengan tingginya antusias masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Bayangkan, setiap rumah pasti ada yang memiliki kendaraan bermotor, dan jumlahnya kadang-kadang lebih dari 1 unit.

Diprediksi sebanyak 75% warga di Indonesia masih mengandalkan kendaraan bermotor sebagai alternatif alat transportasi yang digunakan. Maklum saja saat ini dengan bermodal uang sekitar 500 ribu rupiah, kita bisa mendapatkan motor baru atau bekas secara langsung dari dealer-dealer penjualan kendaraan bermotor. Apalagi dengan setiap tahunnya bermunculan produk-produk terbaru dari setiap merek kendaraan bermotor, dengan sifat manusia yang menggemari apa saja yang baru, pasti produk keluaran terbaru tersebut akan laku. Kendaran bermotor memang diaanggap sebagai kendaran yang sangat praktis bagi masyarakat yang khususnya di negara berkembang seperti di Indonesia.

Namun dengan kepraktisannya tersebut, tak didukung oleh efek yang akan ditimbulkan. Asap yang selalu mengepul dan keluar dari kendaraan tersebut menjadi efek yang snagat fatal bagi keberlangsungan hidup manusia. Apalagi di kota-kota besar, pasti penuh dengan yang namannya asap kendaraan. Dengan penuhnya kendaraan dan asap kendaraan di mana-mana, pasti hal yang pertama kita katakan adalah"PANAS". Maklum kan asap kendaraan merupakan salah satu faktor dari timbulnya Global Warming(itu lho pemanasan global). Terus kita mesti gimana dong untuk mencegah hal tersebut?

Tips yang mungkin akan saya berikan ini merupakan tips yang menurut Anda akan menguras tenaga Anda, namun tips ini merupakan tips yang dapat meningkatkan kesehatan fisik Anda. Apa sih tipsnya? Tipsnya tak lain dan tak bukan adalah dengan bersepeda, bersepeda? Ya bersepeda, bersepeda merupakan salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi atau mencegah timbulnya Global Warming, kok bisa? Ya bisalah kan sepeda gak ngeluarin asap, hehehe..


Banyak orang beranggapan bahwa bersepda itu adalah hal yang kuno dan kampungan, namun menurut saya itu tidak benar, kok gak benar? Iya gak benarlah, lihat saja di negara-negara maju seperti Jepang, Korsel, China dan beberapa negara di Eropa. Banyak penduduknya yang memilih sepeda sebagai transportasi yang paling digandrungi. Itu semua mereka lakukan bukan tanpa alasan, mereka memilih sepeda karena sepeda sangat ekonomis dan sangat nyaman digunakan. Dengan warganya yang mayoritas menggunakan sepeda, negara-negara maju tersebut sampai-sampai membuat fasilitas khusus untuk sepeda(wah andai saja di Indonesia juga begitu). Saya sendiri sebagai seorang pengendara sepeda sangat menginginkan hal tersebut juga terjadi di Indonesia.

Fasilitas yang saya rasa dapat meningkatkan antusiasme masyarakat Indonesia untuk bersepeda
Kini di Indonesia sendiri telah bermunculan berbagai komunitas pecinta sepeda, mulai dari pecinta sepeda yang biasa hingga pecinta sepeda unik. Hmm....mungkin kini mereka mulai sadar bahwa dengan berpeda lingkungan menjadi nyaman, sehat dan bukan itu saja bahkan mereka dapat menjalin rasa kekeluargaan dengan bersepeda. Saya berharap semoga aktivitas bersepda ini semakin banyak peminatnya khusunya di Indonesia. Oleh karena itu mulai sekarang ayo canangkan kegiatan bersepeda di kehidupan Anda, gak perlu sepeda yang bagus cukup denga yang sederhana yang penting Anda PD.


Komunitas sepeda unik di Indonesia
Saya berharap kepada anak-anak generasi bangsa, yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa ini dapat memecahkan permasalahan tentang ketersediaan sumber energi di Indonesia ini dan pemecahan agar tidak timbul polusi yang diakibatkan oleh hasil penggunaan sumber energi tersebut. Misalnya membuat air menjadi sumber energi pengganti bahan bakar fosil atau dengan mengandalkan panel surya untuk memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi. Dan untuk mengurangi minat masyarakat dalam penggunaan kendaraan bermotor khususnya sepeda motor, saya harap pemerintah mampu mencari solusinya dengan cara membuat atau menyediakan angkutan umum yang sangat layak dan nyaman bagi masyarakat yang menggunakannya.

Mobil bertenaga Surya
Angkutan tersebut juga diharapkan menggunakan sumber energi lain selain bahan bakar fosil. Seperti misalnya mobil bertenaga Surya atau sinar matahari seperti yang telah ditemukan oleh Kakak-kakak Mahasiswa beberapa tahun yang lalu. Dalan hal ini mobil tersebut dapat kita ganti dengan kendaraan lain, seperti misalnya bus.

Indonime
,
 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog