Saturday, 4 May 2013

NgeShare - BBM OH BBM


“BBM...oh...BBM.....mengapa engkau kini menjadi semakin jauh dari kami, semakin tak kenal dengan kami, smakin pula sulit kami jumpai. Padahal kami mengerti bahwa Nusantara kami ini kaya. Kaya akan budayanya dan kaya pula kan sumber dayanya, termasuk itu dirimu.”


Mungkin itulah kini keluh kesah sebagian besar masyarakat di Indonesia saat ini. Setelah berhembusnya berita bahwa harga BBM bersubdi akan dinaikkan, masyarakat menjadi sangat resah. Bagaimana tidak resah, kenaikkan harga BBM ini akan menimbulkan kenaikkan pada beberapa harga sembako dan ini akan semakin mempersulit kehidupan masyarakat yang berekonomi menengah ke bawah.

Berbagai penolakan otomatis bermunculan dari kalangan masyarakat, buruh dan mahasiswa. Alhasil demo dan demo yang akan terus bermunculan mendesak agar pemerintah tidak jadi menaikkan harga BBM bersubdi.

Memang sih pada saat-saat tertentu harga BBM perlu dinaikkan, tapi setidaknya kenaikkan tersebut dapat diimbangi dengan kenaikkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Mungkin pemerintah harus dapat mencari solusi yang terbaik agar rakyat mau menerima keputusan tersebut. Atau mungkin pemerintah dapat mengembangkan sebuah alternatif lain pengganti BBM saat ini.

Untuk tahun ini akan digalakan program 2 harga pada harga bbm bersubsidi yaitu Rp6.500,00 dan Rp4.500,00. Penerapan 2 harga ini sepertinya masih membingunkan masyarakat, pasalnya banyak masyarakat yang kurang mendapat penyuluhan mengenai program baru ini. Dan samapai saat ini hal tersebut masih menjadi hal yang belum pasti.

Dengan akan diterapkannya harga baru pada BBM, pemerintah telah bersiap mengeluarkan dana bantuan bagi masyarakat miskin yaitu bantuan langsung tunai. Namun, jika hanya mengandalkan solusi bantuan langsung tunai, sepertinya hal tersebut kurang menjadi solusi yang efektif. Pasalnya kadang kala penerima bantuan ini tidak menyasar kepada pihak yang benar-benar berhak menerimanya. Pemerintah sebaiknya dapat mencari solusi yang lebih bijak dan solusi tersebut dapat menjadi solusi jangka panjang yang pastinya dapat menguntungkan rakyat.

Post a Comment

 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog