Monday, 6 May 2013

NgeShare - Jadi Dalang Digital Lewat FlaWayang

Beberapa tahun yang lalu rakyat Indonesia dibuat resah oleh tindakan dari negara tetangga yang mengklaim beberapa budaya Indonesia sebagai budaya milik mereka. Hal ini spontan membuat kebanyakan warga Indonesia menjadi merasa tidak nyaman dan terngganggu akan hal tersebut.

Pengklaiman ini telah terjadi pada salah satunya adalah wayang. Wayang telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu dan telah menjadi salah satu ciri khas budaya Indonesia. Namun karena semakin berkembangnya zaman, budaya ini semakin hari semakin ditinggalkan. Banyak anak muda yang kini lebih menyenangi budaya luar ketimbang budayanya sendiri, seperti misalnya pada budaya barat.

Akibat hal tersebut, budaya asli milik negaranya sendiri mulai mereka lupakan. Alhasil budaya kita ini akan perlahan hilang dari peredaran atau bisa dibilang punah. Padahal sekarang banyak lho orang luar negeri yang suka mempelajari budaya kita. Semestinya pemerintah dapat merumuskan cara jitu agar generasi penerus bangsa ini dapat senantiasa mengenal, melestarikan dan jika mungkin mereka juga dapat memajukan budaya milik negaranya hingga ke pelosok dunia. Mungkin hal ini dapat diwujudkan dengan diadakannya atau diselenggarakannya pendidikan tentang budaya yang lebih mendalam di sekolah-sekolah umum.

Dalam pelestarian salah satu budaya milik negara tercinta kita ini yaitu wayang, munculah sebuah karya yang begitu membanggakan. Karya ini bernama FlaWayang. FlaWayang merupakan sebuah aplikasi pagelaran wayang berbasis komputer karya anak bangsa Indonesia yang dibuat untuk melestarikan pe-wayang-an. Seperti halnya men-dalang, begitu juga FlaWayang dibuat untuk men-dalang dan melestarikan seni budaya wayang agar tidak punah dan "melahirkan" dalang-dalang (digital) baru.

sumber FlaWayang.com

Aplikasi ini dirintis dan diciptakan oleh seorang pemuda Indonesia yang bernama Riduan Muhammad. Anda dapat mencoba aplikasi FlaWayang secara gratis via online atau dengan mengunduhnya secara gratis dan memainkannya di komputer Anda.

Semoga dengan adanya karya seperti ini, dapat mendorong semangat baru bagi generasi muda Indonesia untuk lebih mengenal akan budayanya sendiri. Dan semoga dapat muncul karya-karya yang dapat menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap negara kita Indonesia. Tunjukkan bahwa kita mampu dan tidak kalah dengan negara lain... :D
,

+ komentar + 2 komentar

11 May, 2013 09:03

games dari google juga bagus mas buat memperthankan keeksisan wayang..
perlu sedikit kratif saja..

12 May, 2013 14:22

iya gan, ya semoga saja wayang akan tetap menjadi budaya yang eksis dan lestari di Indonesia ini, amin... ^_^

Post a Comment

 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog