NgeShare - 3 Hal Yang Mengganggu Setelah Mengganti Template Blog

by - 12/26/2013


Kalau setelah ganti template blog, apa sih yang kamu lakuin? Langsung bikin artikel, atau langsung matiin komputer kamu? Hehehe...

Kalau gue sih masih stand by sama HTML template yang baru aja gue terapin ke blog gue. Lha kok gitu? Iya gitu soalnya setiap kali gue ganti template, biasanya gue selalu menjumpai 3 hal yang menurut gue cukup mengganggu tampilan blog gue. Apa saja sih? Nih di bawah ini gue kasih listnya.

Pertama, sering kali ketika mengganti template blog akan muncul sebuah icon tang dan obeng pada setiap widget blog.

Icon Tang dan Obeng
Kedua, dalam setiap template yang baru diterapkan pada suatu blog, akan muncul tulisan Langganan: Entri (Atom).


Ketiga, akan muncul sebuah navbar yang menampilkan tombol-tombol default dari blogger. Biasanya tidak semua template memunculkan navbar atau bisa dibilang navbar biasa menghilang secara otomatis.

Navbar di blog

Nah itulah 3 hal menurut gue mengganggu tampilan dari sebuah template. Dan biasanya gue atau blogger yang sependapat sama gue akan menghilangkan atau menyembunyikan 3 hal di atas dari tampilan/ template blognya. Terus bagaimana caranya?

Sebenarnya caranya sih udah mainstream, tapi berhubung di blog gue ini ane belum buat caranya, nah kali ini baru sempet buat. Jadi simak dengan baik dan teliti ya, ahehehe...

1. Login terlebih dahulu ke Blogger.
2. Kemudian pilih opsi Template.


3. Pilih atau klik tombol Edit HTML.
4. Kemudian cari kode ]]></b:skin> (agar lebih cepat menemukan kode ]]></b:skin>, tekan tombol CTRL+F pada keyboard kemudian ketikkan kode ]]></b:skin> pada form yang muncul, lalu tekan Enter).


5. Pastekan kode di bawah ini sebelum atau di atas kode ]]></b:skin>.
  • Untuk menghilangkan icon tang dan obeng:
.quickedit{
display:none;
}
  • Untuk menghilangkan Navbar:
#navbar-iframe {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none
}
6. Sedangkan untuk menghilangkan tulisan Langganan: Entri (Atom), cari kode seperti di bawah ini. Kalau seudah ketemu, hapuslah kode seperti di bawah ini.
<div class='feed-links'>
  <data:feedLinksMsg/>
  <b:loop values='data:links' var='f'>
     <a class='feed-link' expr:href='data:f.url' expr:type='data:f.mimeType' target='_blank'><data:f.name/> (<data:f.feedType/>)</a>
  </b:loop>
  </div>
7. Klik Simpan Template.

Dengan begitu ketiga hal 3 dapat lenyap dari tampilan blog kita.

Yak, itu sekiranya 3 hal yang selalu gue lakuin setelah mengganti template di blog gue. Setelah itu baru gue edit-edit templatenya. Penasaran gimana cara ngedit template blog? Tunggu tutorial berikutnya ya, terima kasih... ^_^

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

6 comments