NgeShare - Cara Upload File Java Script di Google Code

by - 12/11/2013


Udah pada tau kan kalo gue kemarin baru aja ngerilis emoticon gue di blog ini? Kalo belum cek artikelnya ini ya "NgeShare - Rilis Suryamoticons". Dalam pembuatan dan pemasangan emoticons itu di blog gue, gue pake file Java Script yang harus gue unggah di internet.

Gue pake Google code untuk ngunggah file Java Script tersebut di internet, dan alhamdulillah berhasil. Mau tau caranya mengunggah file Java Script di Google Code? Nih gue kasih tutorialnya.

1. Kamu harus login ke akun Google_mu terlebih dahulu.

2. Kalo udah login, kunjungi web Google Code di code.google.com/intl/id/.

3. Akan muncul tampilan kayak gambar di bawah ini. Kamu klik Create New Project.


4. Kemudian muncul sebuah form yang harus kamu isi kayak di bawah ini.


5. Isi Project Name sesuai nama file yang kamu buat atau sesuai keinginanmu, misal suryaemoticons.

6. Isi Project Summary dan Description sesuai yang kamu inginkan, ngawur juga boleh, hehehe...

7. Nah, pas Version control system ada 3 pilihan yaitu Git, Mercurial dan Subversion. Di sini gue pake yang Subversion.

8. Pas Source code license, pilih GNU GPL v3.

9. Kasih label pada project Java Scriptmu, karena di sini project gue berkaitan sama Java Script dan Blogger, gue kasih label Java Script, Blogger dan Blogging.

10. Klik tombol Create Project.


11. Maka akan muncul tampilan kayak gambar di bawah ini. Kalo udah keluar tampilan ini, waktunya untuk mengunggah file JavaScript yang telah kamu buat tadi.


12. Cara ngunggahnya, klik tab Source.


13. Kalo udah klik tab Source, kamu klik Browse.


14. Pilih trunk, lalu klik Upload.


15. Muncul tampilan baru seperti gambar di bawah ini. Klik Browse, pilih file JavaScript yang akan kamu unggah, pastikan file tersebut berekstensi .js (JavaScript). Isi Commit Log sesuai yang kamu inginkan, misal ngawur. Klik Commit.


16. Tada...file kamu udah berhasil terunggah. Kalo pengen gunain file JavaScript tersebut, klik View raw file.


17. Terus muncul laman baru, copy deh linknya.


Sekian tutorial dari gue, mohon maaf kalo ada kesalahan dalam penulisan. Semoga bermanfaat... :)

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

2 comments