Sunday, 29 June 2014

NgeShare - Perbedaan

Pernah beberapa kali aku mendengar, mendengar sebuah pendapat. Pendapat yang mengatakan bahwa segala hal yang berasal dari tempat yang sama akan menghasilkan hal yang sama. Tapi nyatanya tidak demikian. Cobalah untuk melihat beberapa buah di pohon. Walau asalnya dari satu pohon yang sama, bukan berarti di antara buah-buah tersebut memiliki kesamaan sepenuhnya. Jika dilihat biasa, mayoritas pasti mengatakan sama, tapi coba lihatlah secara seksama. Dari warna, bentuk, ukuran, waktu kematangan, dan dari rasa, nampakkah perbedaannya?

Jawabnya tentu iya. Dari segi warna, ada yang matang dengan warna kuning cerah merata, ada pula yang matang dengan warna kuning sedikit gelap. Dari bentuknya, ada yang berbentuk bulat seperti bola, ada pula yang berbentuk sedikit oval dengan beberapa cekungan (lubang) di kulitnya. Dari ukurannya, ada yang berukuran besar, ada pula yang berukuran kecil. Dari waktu kematangan, ada yang matang lebih dahulu, ada yang matang di kemudian hari. Dari rasa, ada yang memiliki rasa manis semanis madu, ada yang memiliki rasa manis sedikit keasaman.

Itulah perbedaan yang ada pada buah-buahan tersebut. Dari semua ini menjelaskan bahwa segala hal yang berasal dari tempat yang sama bukan berarti memiliki kesamaan sepenuhnya. Perbedaan pasti ada, dan itulah yang memberikan warna, keunikan dan kemenarikan dari hal tersebut termasuk manusia. Manusia satu dengan yang lain memiliki perbedaan, walaupun mereka dari satu keluarga yang sama. Dari fisik, pola pikir, ketertarikan, minat dan bakat, dan lain-lain.

Namun walau berbeda, kita tetap memiliki tujuan yang sama. Saling mengasihi, menyayangi, melindungi, membantu, dan mengisi. Dan ingatlah, bahwa.....

Perbedaan
,

Post a Comment

 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog