Saturday, 29 November 2014

NgeShare - Fitur Ucapan Terima Kasih di Facebook

Nampaknya Facebook kini sedang giat-giatnya mengembangkan fitur-fiturnya. Hal ini semakin jelas dengan hadirnya fitur baru yg bernama "Ucapan Terima Kasih". Fitur ini memiliki fungsi untuk membuat sebuah ucapan terima kasih kepada teman atau sahabat dalam bentuk video, lebih tepatnya video slide foto. Video tersebut dapat dibuat oleh pengguna Facebook menggunakan foto-foto kenangan atau kronologi yang terkait teman-temannya. Dibuatnya fitur ini jelas dengan tujuan untuk menambah kenyaman dan agar pengguna tidak bosan-bosannya menggunakan Facebook.

Fitur ucapan ini beberapa hari yang lalu saya dapati pada notifikasi/ pemberitahuan Facebook saya. Penasaran akan notofikasi ini, lantas saya klik dan mencobanya.

notifikasi

Saat pertama saya klik, munculah sebuah laman seperti gambar di bawah ini.

laman

Di laman tersebut terdiri dari 3 bagian yang mana ke-3 bagian tersebut saling terkait dalam pembuatan video ucapan terima kasih ini. Di bagian pertama atau atas terdapat bagian preview dan share (tombol hijau pojok kanan atas). Di bagian ini jelas memiliki fungsi untuk mereview hasil video yang telah kita buat sebelum akhirnya kita share atau bagikan kepada teman-teman Facebook.


Di bagian tengah atau ke-2, terdapat bagian yang mana adalah bagian yang memuat pilihan tema. Tema ini akan dijadikan sebagai layout dan pendukung dari tampilan video yang akan kita buat nanti. Terdiri dari 3 tema yaitu Teman Lama, Teman, dan Keluarga.


Kemudian di bagian ke-3 atau bagian terakhir adalah bagian yang berfungsi untuk menambahkan dan memuat foto yang akan kita pilih untuk dimasukkan ke dalam video.


Untuk cara pembuatan video ucapan terima kasih ini menurut saya tidak begitu sulit, cukup mudah dan menyenangkan. Jika kamu tertarik untuk membuat video ucapan terima kasih untuk sahabatmu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah saya lakukan, dan berikut ini langkah-langkahnya.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menuju ke laman fitur ini. Caranya, jika kamu mendapat notifikasi seperti saya di atas, langsung klik saja notifikasinya, kalau tidak kamu klik link www.facebook.com/thanks.

2. Kemudian akan muncul laman dari fitur ini. Di laman ini, kamu harus memilih teman atau sahabat yang akan kita kirimi ucapan terima kasih. Kamu bisa memilihnya dengan fasilitas "Cari teman".

Cari teman

3. Setelah memilih teman, di bagian paling bawah dari fitur ini akan muncul secara otomatis beberapa foto yang terkait atau tertandai antara kamu dan teman atau sahabat yang telah kamu pilih tersebut. Foto-foto tersebut nantinya akan kamu pilih sebagai foto yang akan ditampilkan pada video ucapan terima kasih yang kamu buat. Jika tidak muncul foto secara otomatis, maka kamu harus mengupload foto terlebih dahulu.

4. Seusai memilih foto, pilihlah tema yang menurut kamu cocok untuk video yang kamu buat. Agar lebih nyaman ketika memilih tema, jangan lupa untuk mereviewnya.

5. Ketika kamu sudah cocok akan tema tersebut, langkah terakhir dari pembuatan video ini adalah membagikannya kepada teman atau sahabatmu tersebut. Caranya dengan menge-klik tombol "Bagikan Video" yang terletak di pojok kanan atas.

Nah, video ucapan terima kasihmu pun akhirnya selesai dan siap untuk membuat kamu dan temanmu terharu atas kenangan-kenangan yang telah kalian lalui.

Semoga bermanfaat... :)
 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog