Saturday, 18 July 2015

NgeShare - Yang Bisa Kita Temui Saat Silahturahmi Lebaran


Lebaran merupakan waktu istimewa yang sering kita manfaatkan untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan, terutama sama orang tua dan saudara. Tapi ketahuilah kalau yang bisa kita temui itu gak cuma mereka aja. Ada orang-orang di luar sana yang bisa menunggumu kita temui. Terus siapa aja sih? Berikut ini adalah daftar orang-orang yang bisa atau bahkan biasa kita temui pada moment silaturahmi ketika hari raya tiba kembali.

1. Orang Tua dan Saudara
Orang tua dan saudara merupakan lingkungan terdekat yang sudah ditetapkan wajib hukumnya untuk ditemui ketika hari raya tiba. Mereka pula yang menjadi alasan puluhan juta orang di negeri ini rela berlelah-lelah menembus ratusan atau bahkan ribuan kilometer dari perantauan menuju kampung halaman, hanya untuk ritual mudik tahunan. Lebaran tak akan lengkap dan kurang afdol rasanya kalau tidak bertemu dengan orang tua dan sanak saudara.

2. Tetangga
Tetangga sebagai orang terdekat di lingkungan kita sehari-hari, juga sebaiknya kita datangi untuk bersilaturahmi ketika hari raya. Disadari atau tidak, kehidupan kita sehari-hari banyak diwarnai oleh orang-rang terdekat dari rumah kita ini. Ada hal-hal yang baik namun tak jarang ada pula terjadi konflik. Untuk itu, coba datangi dan bersilaturahmilah kepada tetangga terdekat, ini adalah wajib, apalagi ketika pernah mengambil mangga dari pohon tetangga tanpa permisi terlebih dahulu, wkwkwkwkw....

3. Bapak dan Ibu Guru/ Dosen
Golongan ketiga ini wajib dikunjungi oleh anak-anak sekolah. Apalagi kalau ada sekolah-sekolah yang mewajibkan siswanya untuk datang bersilaturahmi ke rumah gurunya dengan meminta tanda tangan sebagai bukti otentiknya (kayak zaman saya dulu waktu SMP-SMK). Bagi siswa yang beruntung tidak hanya akan mendapat tanda tangan, bahkan juga tak jarang mendapat salam tempel dari para guru yang bermurah hati (kalau saya mah alhamdulillah pernah dapat, hehehe...). Sedangkan yang berstatus mahasiswa dan alumni, tanda tangan tentu sudah tidak diperlukan, kecuali kalau masih bergelut sama tugas akhir di mana tanda tangan dosen sesuatu berharga dan di nanti tibanya. Pada umumnya salam tempel juga adalah suatu kemustahilan bagi mahasiswa ataupun para alumni.

4. Teman Sekelas
Teman sekelas hanya dapat dikunjungi untuk silaturahmi bagi mereka yang sedang atau pernah sekolah. Namun untuk penganut home scholling tentunya harus melewatkan golongan ini karena tidak punya teman sekelas. Teman sekelas merupakan salah satu golongan yang sengaja ataupun tidak pernah kita dzolimi, mulai dari pinjam alat tulis yang (lupa) tidak dikembalikan hingga konflik karena masalah percintaan.

5. Mantan
Bagi para lover fighter alias pejuang cinta, tentu sudah tak asing lagi dengan golongan kelima ini. Untuk yang menganut paham bahwa silaturahmi harus tetap berjalan walupun sudah tidak sejalan, tentu mantan wajib didatangi untuk bersilaturahmi ketika Lebaran. Namun hendaknya dilihat situasi dan kondisi, misalnya ketika mantan sudah membina sebuah keluarga harmonis, kiranya silaturahmi yang dilakukan tidak disertai dengan membawa pengharapan yang muluk-muluk.

6. Calon dan Calon Mertua
Berikutnya calon dan calon mertua merupakan golongan yang wajib masuk dalam daftar silaturahmi hari raya bagi mereka yang sudah berkeinginan kuat untuk mengakhiri kesendirian. Moment Lebaran adalah moment baik yang sangat umum dipakai untuk mengungkapkan niat yang sudah lama terpendam yaitu mempertemukan dua hati dalam ikatan yang suci dan sah untuk dijalani *ciye.

Demikian 6 golongan orang-orang yang biasa kita temui ketika moment Lebaran. 
Ngomong-ngomong soal ketemu, kamu sudah ketemu sama siapa aja nih? :D
,
 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog