Tuesday, 1 September 2015

NgeShare - Jajanan Masa Kecil

Masa kecil emang masa yang paling ngebahagiain. Di samping itu juga karena gak perlu susah-susah mikir tugas yang bikin was was pikiran, masa kecil yang ada di pikiran cuma main dan main. Bareng temen sebaya sekampung, mainin permainan tradisional yang zaman sekarang kayaknya udah mulai tergantikan oleh gadget yang menyilaukan. Gak cuman main-main mulu, tapi ada juga aktivitas yang bikin hati riang, yaitu aktivitas beli jajanan yang rasanya ngangenin bukan kepalang, huehehe...

Duh, saya jadi inget sama masa kecil saya, yang tiap sore waktu ngumpul sama temen sebelum main, pasti nungguin penjual jajanan yang udah jadi langganan. Nungguinnya gak tiap hari juga sih, ya pas lagi punya duit aja (dikasih nyokap), tapi pas gak punya duit jajan kadang juga masih tetep nunggu, ya soalnya kadang ada temen yang mau nraktir (*alhamdulillah, hehe...).

Kalau pas abang penjualnya udah datang, wah pasti bakalan ruame, langsung serbu kayak gula nyerbu semut, eh kebalik maksudnya kayak semut lagi nyerbu gula. Tanpa aba-aba start, langsung aja nyetopin itu abang cuma buat bilang, "Pak, beli!". Terus bikin antrian deh.


Ngomong-ngomong soal penjual jajanan, udah pasti gak bakal jauh dari jajanan yang dijualnya. Nah, di sini saya mau ngasih list jajanan tradisional yang pernah saya tunggu dan nikmatin sama temen-temen semasa kecil di tahun 90an, yah itung-itung sekalian nostalgia (*syahdu). Berikut ini listnya:

1. Es Lilin


Siapa sih yang gak kenal es lilin? Es yang dikemas mirip lilin ini memang sangat popular di masanya lho. Dikarenakan rasanya yang segar, juga harganya yang murah, membuat jajanan es ini cukup banyak penikmatnya, termasuk saya. Varian rasanya pun juga banyak. Pas masih kecil saya dulu, harganya cuma Rp100,00 untuk 1 esnya.

2. Es Wawan


Es wawan, jajanan es yang hampir mirip dengan es lilin. Rasanya juga enak dan segar, bermacam-macam varian rasa juga ada. Dulu waktu pertama beli, sempet saya bertanya-tanya, kenapa namanya kok "Es Wawan"? Apa karena penjualnya namanya Wawan, makanya es ini dinamakan es wawan? Ah, entahlah itu hanya pertanyaan konyol saya di umur 5 tahun setengah. Dulu harganya Rp1000,00 untuk satu es utuhnya, utuh? Emang bisa beli setengahnya? Kalau zaman saya dulu bisa, dan harga setengahnya cuma Rp500,00.

3. Es Tong Tong


Begitu mudahnya mengenali kehadiran penjual dari jajanan ini. Kalau ada bunyi " Tong Tong", pasti itu penjual es Tong Tong, lha wong namanya kan es Tong Tong, hehehe... Es yang disajikan dengan contong atau roti ini memang begitu nikmat dan dingin (*brrrr...). Dulu harganya kalau gak salah satu contongnya sekitar Rp500,00, kalau pake roti harganya lebih mahal, yaitu Rp1000,00.

4. Cilok/ Pentol


Nah, ini nih jajanan merakyat dari dulu sampai sekarang, dan pasti di setiap daerah ada. Kalau di tempat saya nama makanan ini bukan cilok, melainkan pentol. Jajanan yang berbahan baku tepung tapioka ini memang menjadi favorit anak-anak, dan juga saya pas masih unyu-unyu dulu, sampai sekarang sih masih jadi favorit, hehehe... Dikarenakan rasanya yang enak dan harganya yang murah, menjadikan jajanan ini tak pernah surut penikmat. Dicocol saus sambal atau saus kacang, untuk melengkapi kenikmatannya. Zaman saya kecil dulu, Rp50,00 udah bisa dapat 1 tusuk cilok/ pentol lho. Sekarang di daerah saya udah banyak bermunculan variasi dari cilok/ pentol ini, mulai dari pentol kuah juga pentol corah yang rasanya bikin hot di lidah.

5. Es Gosrok/ Pasah


Es gosrok/ pasah, kenapa namanya gitu? Ya karena cara buatnya itu dari es batu yang digosrok atau dipasah menjadi butiran es kecil yang kemudian ditaruh di sebuah wadah, dan dicetak pada stik es yang kemudian diberi sirup sebagai pemberi rasa. Sekilas sih tampilannya mirip es serut. Saya dulu suka sama jajanan ini terutama juga cara pembuatannya yang unik, beda dari yang lain. Harganya kalau gak salah dulu sekitar Rp500,00.

Nah, itulah beberapa jajanan yang pernah saya tunggu dan nikmati di masa kecil saya. Ngomong-ngomong kok di listnya kebanyakan jajanan es semua ya? Ya maklum zaman dulu belum punya kulkas, kulkas masih menjadi barang mewah sampai sekarang pun mungkin masih juga, jadi kalau mau makan atau minum es, ya harus beli kayak gitu, hehehe... (*lha kok malah curcol) Nah, ngomong-ngomong soal list di atas, saya mau tanya nih,
Kamu udah pernah nyoba jajanan di atas? grin emotikon
,
 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog