NgeShare - Tips Menyembunyikan Blog Pager di Homepage Blog

by - 3/17/2016


Pada kesempatan ini, saya akan membagikan sebuah script yang berfungsi untuk menyembunyikan blog pager atau biasa kita kenal dengan navigasi halaman di homepage blog. Sebelumnya script ini telah saya terapkan pada sebuah toko online milik kawan saya yang menggunakan platform blogger, dan yang kini tengah saya kelola. Bila ada pertanyaan,
Mengapa harus menyembunyikan navigasi halaman di homepage blog? Bukankah justru navigasi halaman di homepage akan membantu pembaca dalam mengakses blog kita?
Ya, tu benar sih, navigasi halaman itu memang sangat penting dalam blog, terutama bagi kenyaman pembaca. Tetapi menurut saya, kadang kalanya hal itu (menyembunyikan navigasi halaman di homepage) ada gunanya juga. Terlebih bila sedang membangun sebuah blog yang akhirnya digunakan sebagai web, yang artinya blog tersebut bukan lagi sebagai blog personal, melainkan telah merambah kepada blog bisnis atau toko online.

Nah, kita telah mengetahui bahwasannya kebanyakan dari blog bisnis tersebut memiliki tampilan yang dinamis, sedap dipandang dan pastinya friendly ketika diakses. Nah, agar dapat memunculkan ketiga hal itu, kadang kala kita perlu menghilangkan atau memperbaiki beberapa tampilan dari blog bisnis milik kita, hal itu juga mesti kita lakukan terlebih jika menggunakan template gratisan yang kadang tampilannya kurang begitu pas dengan apa yang kita inginkan. Salah satu contoh dari unsur yang kurang pas itu menurut saya ialah keberadaan navigasi halaman pada homepage, maka dari itu, agar tampilan blog bisnis/ toko online yang sedang saya kelola dinamis, saya akan menymbunyikannya dari homepage, tetap akan tetap muncul pada halaman postingan. Bila ada dari teman-teman yang ingin menerapkan langkah yang saya telah lakukan ini, kamu dapat memasang script di bawah ini.
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<style type='text/css'>
.blog-pager,#blog-pager{display:none}
</style>
</b:if>

Penerapannya sangat mudah, hanya perlu memasangnnya di bawah atau setelah kode ]]></b:skin>, pada Edit HTML. Nah, sekranya, begitulah penerapannya, semoga tips yang sangat sederhana ini bermanfaat. :)

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

0 comments