Thursday, 7 April 2016

NgeShare - Mengatasi Kegaduhan di WA dan BBM

Pernahkah kamu merasa risih atau jengkel saat menggunakan aplikasi Whatsapp atau BBM di smartphonemu, terutama ketika kamu telah bergabung pada sebuah grup di dalamnya, semisal grup kelas? Merasa risih dikarenakan notifikasi yang selalu berbunyi dari kedua aplikasi tersebut, padahal kamu sedang dalam sebuah acara, melaksanakan tugas, atau sedang ingin beristirahat dan tentu saja tak mau ada gangguan. Ketika kamu mengecek untuk melihat notifikasinya, ternyata obrolan yang dilakukan di grup kelasmu (misalnya) dengan aplikasi WA atau BBM tidak begitu penting dan justru menyia-nyiakan waktu berhargamu. Mau marah terus bilang, "Woy, diem woy, berisik tau!" atau "Udah malem, waktunya tidur coy!".

Marah kalau ada hasilnya mah ndak masalah, tapi kalau kamu marah terus malah diketawain dan disepelein, atau bahkan malah ujung-ujungnya jadi nambah masalah, malah jadi berabe deh nantinya. Daripada marah-marah ndak jelas atau bikin sia-sia waktumu, mending kamu ikutin tutorial berikut ini aja. Tutorial yang akan membantu kamu biar nggak terganggu sama notifikasi yang nggak perlu atau nggak penting buat ditanggepin, yaitu dengan membuat diam notifikasi di grupmu. Yah, meskipun ada tutorial yang lebih gampang sih, yaitu dengan mematikan smartphonemu, tapi kalau dimatiin, eh pas ada kabar yang bener-bener penting jadi malah nggak tahu. Untuk itu biar kejadian semacam itu nggak terjadi, maka mendingan kamu ikutin tutorial saya berikut ini, hehehe...

Okeh cara yang pertama akan kita terapin pada grup di aplikasi WA.
  1. Kamu pilih dulu grup yang akan kamu buat diam notifikasinya.
  2. Kalau udah fix sama grupnya, kamu klik/ sentuh grup tersebut dan akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. 
  3. Pada tampilan itu kamu fokuskan perhatianmu pada icon menu 3 titik atau yang populer disebut dengan nama "kebab menu" yang terletak di samping kanan atas. 
  4. Klik/ sentuh menu tersebut, lalu akan muncul beberapa pilihan menu perintah. Dalam menu perintah itu, kamu pilih menu "Bisu" atau "Mute" untuk mematikan notifikasi grup WAmu. 
  5. Ketika kamu telah memilih menu "Bisu" atau "Mute", kemudian muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. 
  6. Tampilan itu memiliki fungsi untuk memberikan pilihan waktu berapa lama notifikasi grup WAmu akan diam/ mati. Kalau udah milih jangka waktu diamnya, maka grup WA kamu bakalan nggak akan berisik lagi.


Kalau di atas tutorial untuk WA, kini kita beralih ke tutorial untuk di BBM. Gak jauh beda sama tutorial di WA, yang perlu kamu lakuin simple banget untuk dapat membuat diam notifikasi di grup BBMmu.
  1. Pilih dulu grup BBM yang mau kamu buat diam notifnya.
  2. Kalau udah fix sama grupya, kamu klik/ sentuh grup tersebut hingga muncul tampilan seperti di bawah ini. 
  3. Setelah itu kamu fokus lagi sama "kebab menu" yang terletak di samping kanan atas. Seperti di WA, setelah kamu klik/ sentuh kebab menu tersebut, akan muncul beberapa menu perintah. 
  4. Di menu perintah itu, kamu pilih menu "Setelan Grup". 
  5. Lalu kamu akan dialihkan pada tampilan setelan grup mirip gambar di bawah ini. 
  6. Pada tampilan tersebut, kamu pilih perintah "Notifikasi obrolan untuk grup ini" dan "Notifikasi gambar untuk grup ini" hingga tampilannya seperti di bawah ini. 
  7. Nah, setelah itu bisa dipastikan notifikasi dari grup BBM kamu bakalan nggak akan kedengaran lagi.
Oke, itu aja tutorial dari saya hari ini. Kalau ada kurangnya atau kritik sama saran, bisa langsung kamu sampaikan di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat ya! :)

+ komentar + 2 komentar

06 May, 2016 06:35

Sayang ya belum ada fitur yg buat nyaring topik obrolan :ketawa:
Misal bisa di filter chat kayak apa yg di "mute" , chat apa yg dimunculin notifnya :ketawa:

09 May, 2016 08:33

@Irfan Andriartoiya yah, bagus juga tuh sarannya :senyum: semoga aja pengembangnya peka :ketawa:

Post a Comment

 
 
Copyright © 2011-2017 | Surya Blog