NgeShare - Main Game Jadul NES di Linux

by - 6/29/2017


Kemarin tiba-tiba kepengen main game, tapi mengingat spek laptop saya, eh, salah, maksud saya spek notebook yang sering saya pakai sangatlah terbatas, maka untuk dapat merealisasikan keinginan saya tadi, saya hanya dapat menginstall game-game yang ringan saja. Untungnya saya mendapat sebuah rekomendasi dari teman. Rekomendasi itu adalah dengan menginstall emulator, bisa emulator nintendo atau emulator playstation. Meskipun begitu, emulator yang dapat saya install haruslah menyesuaikan dengan spek notebook milik saya ini. Alhasil, saya memutuskan untuk menginstall emulator nintendo NES (Nintendo Entertainment System). Yaps, nintendo NES, game yang sangat ngehits pada waktu saya SD dulu. Kalau nggak salah itu sekitar tahun 2000an, keliatan tua lama bener ya saya, hahaha…

Oke, itung-itung sekalian nostalgia sama game jadul alias jaman dulu. Lagian gamenya juga lumayan seru, apalagi buat saya yang aslinya nggak bisa main game, wkwkwkw…

Oh, iya, emulator nintendo yang saya install adalah Fceux. Emulator tersebut terhitung sangat ringan, bahkan di notebook saya yang hanya memiliki RAM 2GB, game yang saya mainkan dengan emulator tersebut tetap lancar jaya. Ya, walaupun kalau lagi dijalankan bareng aplikasi screen recorder jadinya malah agak nge-lag kayak di video saya di bawah ini.



Meskipun tampilan grafisnya terbilang sangat sederhana atau ketinggalan jaman, tapi menurut saya cukuplah untuk menghibur di waktu luang.

Buat kamu yang sekiranya pengen main atau kangen sama game-game jadul nintendo NES, bisa install dulu emulatornya, guys. Untuk Linux, menginstallnya gampang kok, cukup jalankan perintah di bawah ini pada terminal.
sudo apt-get install fceux

Kalau untuk ROM game Super Mario Bross-nya, bisa kamu download di sini.

Oke, sekiranya segitu dulu aja ya, saya mau lanjut main lagi nih (hehehe…). Oh, iya, buat kamu yang tertarik dan mau main gamenya, saya ucapkan selamat bermain dan bernostalgia, gan! 😁

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih ^_^

Postingan lain yang mungkin Anda suka:

2 comments

  1. MARIO!!! nah, ini game yang biasanya adik IShmah mainin dan ishmah cuman ngeliatin doang berhubung ga bakat maen game, bisanya snake xenzia doang -,-

    BalasHapus
  2. @maryam ishmatullahduh, jadi kangen pengen main snak xenzia, hehehe

    BalasHapus