NgeShare - Cara Membuat QR Code Dengan Cepat, Mudah, dan Gratis

by - 1/23/2019


Menurut Wikipedia, Quick Response Code alias QR Code adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi dari Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai. Tujuan dari pembuatan QR Code ini adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang atau barcode, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.

QR Code
Kode Batang

Ngomong-ngomong soal QR Code, pada kesempatan kali ini, saya mau membagikan tutorial mengenai cara membuat QR Code dengan cepat, mudah dan gratis. Buat kamu yang penasaran sama cara pembuatannya, bisa menyimak tutorial berikut ini (hehehe...).

Oke, langsung saja, untuk membuat QR Code dengan cepat, mudah dan gratis ini, kamu hanya perlu menggunakan layanan dari sebuah situs web QR Code Generator dengan alamat url, yaitu www.qr-code-generator.com. Kamu buka situs web itu terlebih dahulu.


Kalau udah muncul tampilan situs webnya, di situ ada beberapa pilihan menu yang dapat digunakan untuk membuat QR Code. Mulai dari URL, Vcard, Text, sampai Images.


Sebagai contoh, di sini kita akan membuat QR Code untuk url situs. Caranya, pilih menu URL. Kemudian isi kolom yang tersedia dengan alamat url situs, lalu klik tombol “Create QR Code” dan tunggu hingga muncul gambar QR Code yang letaknya ada di samping kanan.


Kalau QR Codenya udah muncul, kamu bisa menyimpannya dengan cara menekan tombol “Download”.


Selain itu, kamu juga bisa memasang QR Code tersebut di situs webmu dengan cara menekan tombol embed yang letaknya ada di samping kiri dari gambar QR Code tersebut. Setelah menekan tombol embed itu, akan muncul kode embed dari QR Code yang telah kamu buat.


Kamu bisa mengcopy kode tersebut dan memasangnya di situs webmu.

Oh, iya, selain melalui situs web ini, kamu juga bisa membuatnya di beberapa situs web QR Code Generator berikut ini:

1. www.the-qrcode-generator.com



2. goqr.me



3. qrcode.kaywa.com


Oke, sekiranya itu tutorial mengenai cara membuat QR Code dengan cepat, mudah dan gratis. Seperti biasa, kalau ada pertanyaan atau saran yang ingin kamu sampaikan kepada saya, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar yang letaknya ada di bawah artikel tutorial ini. Semoga bermanfaat, ya! 😁

Sawer


Anda suka dengan tulisan-tulisan di blog ini? Jika iya, maka Anda bisa ikut berdonasi untuk membantu pengembangan blog ini agar tetap hidup dan update. Silakan klik tombol sawer di bawah ini sesuai nilai donasi Anda. Terima kasih.

0 comments